Wisata Edukasi Di Gua Pindul



wisata edukasi goa pindul
                                                                                  edukasi


Wisata edukasi goa pindul adalah sebuah kegiatan wisata yang di dalamnya memiliki muatan pendidikan.  Program ini dapat dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menjadikan sebuah kegiatan wisata tahunan atau extrakulikuler dan bisa menjadikan kegiatan wisata yang berbobot dan kwalitas  tersendiri.  Kegiatan wisata ini mulai ditanamkan saat usia sekolah, sehingga di masa yang akan datang setelah selesai jenjang sekolah bisa menerapkan apa yang telah mereka dapatkan dan menjadikan mereka sebagai wirausaha yang sukses. Tidak hanya anak-anak yang bisa menimba ilmu di wisata edukasi tapi bagus juga untuk orang-orang dewasa yang sudah berwirausaha untuk saling bertukar pengalaman dan menimba ilmu sesuai dengan bidang usaha mereka masing-masing.

Kebanyakan kunjungan wisata yang mereka lakukan adalah ke industry-industri besar seperti pabrik-pabrik atau yang lainnya.  Paket wisata kami sangat berbeda dan mempunyai arti tersendiri.

Tujuan Wisata Edukasi

Wisata pendidikan atau wisata edukasi, bisa juga disebut atau karyawisata adalah suatu kegiatan atau perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga terdapat aktivitas edukasi atau pendidikan didalamnya. Ada banyak kegiatan wisata edukasi yang bisa di lakukan khususnya bagi anak-anak yang masih membutuh pembelajaran akan dunia luar.  

sedangkan penjelasan secara mendalam Wisata Edukasi adalah suatu perjalanan wisata yang memiliki nilai tambah edukasi, tidak sekadar berwisata, tetapi juga memiliki tujuan untuk menambah nilai-nilai edukasi atau pendidikan bagi wisatawan. Wisata edukasi sebuah kegiatan yang umumnya dilakukan oleh institusi pendidikan, seperti sekolah-sekolah maupun institusi pendidikan lainnnya.

Wisata pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan kreativitas peserta kegiatan wisata. Biasanya tujuan wisata pendidikan adalah tempat-tempat yang memiliki nilai tambah sebagai sebuah area wisata, seperti kawasan perkebunan, kebun binatang, tempat penangkaran hewan langka, pusat-pusat penelitian dan lain sebagainya.

Sedangkan wisata edukasi mempunyai maksud yang tujuan yang sangat banyak diantaranya:

1.Memberikan warna belajar yang lebih indah

2.Menciptakan dan menjaga kreativitas dan imajinasi

3.Mengenalkan kepada anak dengan alam sekitar

4.Mengenalkan kepada anak tentang berwirausaha

5.Mengembangkan minat siswa  dengan alam sekitar

6.Mengurangi kejenuhan saat belajar di sekolah.

7.Menambah semangat belajar 


Itulah di antaranya beberapa tujuan di adakan wisata edukasi, yang semuanya mempunyai nilai yang positip dan menambah semangat untuk menimba ilmu serta di harapkan jika nanti selesai sekolah  bisa di jadikan sebagai modal ilmu  berwirawusaha. Mengingat saat ini banyak yang belum tahu atau takut berwirausaha karena kurang ilmu dan takut rugi. Makanya wisata edukasi memang sangat penting di terapkan kepada semua siswa atau orang dewasa. 

Berikut ini adalah beberapa wisata edukasi yang sering di kunjungi atau di gunakan untuk study banding :


1. Madu Lanceng

Wisata Edukasi Goa Pindul

Madu lanceng
.
Madu adalah sebuah larutan yang berwarna kuning kecoklatan bahkan bisa sampai berwarna hitam pekat, yang mempunyai banyak nutrisi dan vitamin dan obat larutan ini di hasilkan oleh lebah penyengat.

Wisata Edukasi Goa Pindul
                                                                    Produk madu lanceng

Karena rasa manisnya inilah madu banyak di sukai oleh banyak orang. Lebah yang menghasilkan madu banyak anda jumpai di sekitar kita, Untuk spesies lebahpun banyak macamnya, nah salah satu spesies lebah yang telah di kelola oleh kelompok ternak lebah di sekitar wisata goa pindul adalah lebah klanceng, spesies lebah yang bisa menghasilkan berbagai macam rasa madu.

Wisata Edukasi Goa Pindul
                                                                    Sedot madu lanceng

Jenis lebah klanceng ini bentuknya kecil mungil dan tidak mempunyai sengat, spesies ini di namakan apis  trigona sp. 
Kelompok peternak yang ada di tempat kami berawal dari pelatihan dari kelompok tani hutan dan setiap anggota mendapatkan bantuan 25 kotak lebah lanceng, semakin hari jumlah spesies ini semakin banyak hingga antikel ini di buat sudah ratusan kotak yang sekarang telah di modifikasi dengan kendhil sebagai rumah lebahnya. 
Untuk madupun kelompok ini sudah menghasilkan ribuan liter per bulannya madu asli murni yang telah di kemas dalam berbagai macam ukuran botol.
 Disini kita bisa saling tukar ilmu dan pelatihan untuk berwirausaha, anda akan di kenalkan :
1. Bagaimana beternak lebah klanceng
2. Bagaimana cara memanen madu
3. Pasar dagang madu lanceng
4. Sedot madu 

Harga Tiket Kunjungan :

1.Paket Kunjuangan A Rp.70.000 /Orang

-Pemaparan madu lanceng
-Sedot madu lanceng

Fasilitas  : Nara sumber , snack tradisional, area pemaparan , minum.


2.Paket Kunjungan B  Rp.100.000 /orang

-Pemaparan madu lanceng
-Sedot madu 
-Cara panen madu lanceng

Fasilitas : Narasumber, makan siang, snack, minum, area pemaparan.

Keterangan : untuk pembelian madu yang kemasan bisa langsung disini.




2. ALOEVERA

Wisata Edukasi Goa Pindul
aloevera


Aloevera adalah sejenis tumbuhan yang daunnya mempunyai daging yang tebal, bisa hidup di kawasan tropis, semi tropis dan kering. Tumbuhan yang berasal dari Arab ini banyak di budidayakan untuk pertanian , tanaman hias dan lain-lain.
Tumbuhan yang mempunyai ciri berbatang pendek dan berdaun hijau panjang ini mempunyai berbagai manfaat dan jika di olah bisa sebagai obat kulit.

Produk aloevera


Di Gunungkidul adalah termasuk tanah yang kering aloevera bisa tumbuh dan berkembang, oleh sekelompok orang yang di prakarsai seorang pemuda tumbuhan ini di budidayakan menjadi berbagai makanan ataupun minuman alami yang telah di kemas dalam berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk jeli, ada yang berbentuk makanan kering. Karena kegigihan seseorang pemuda ini sekarang kelompok budidaya Aloevera.  Ini berkembang pesat dan bisa menambah kesejahteraan warga sekitarnya.
Wisata Edukasi Goa Pindul
Study banding aloevera


Ayo belajar dan bertukar ilmu tentang aloevera di sekitar obyek wisata gua pindul disini akan di ajak belajar :

a.Belajar menanam sampai memanen aloevera
b.Belajar cara pengolahan dari bahan mentah menjadi bahan matang { siap jual}
c.Cara pemasaran dan lain-lain


Harga Paket kunjungan Rp. 100.000 / orang

-Cara Budidaya aloevera
-Cara mengolah aloevera 
-Cara mengemas aloevera

Fasilitas : Narasumber, makan siang snack, minum, tempat kunjungan


3. UMKM Desa Bejiharjo

Wisata edukasi gua pindul

Umkm Bejiharjo

Sebagai desa wisata Kalurahan Bejiharjo memiliki sebuah kelompok yang di dalamnya terdapat berbagai penggiat kuliner dari makanan hasil pertanian masyarakat asli Bejiharjo, Usaha Mikro  Kecil dan menengah yang di pelopori oleh masyakat ini mengemas berbagai produk hasil tangan-tangan trampil warga sekitar obyek wisata goa pindul. 
Hasil produk masyarakat ini akan disalurkan ke pusat oleh-oleh atau toko-toko di sekitar obyek wisata bahkan bisa si setorkan ke semua wilayah obyek wisata di seluruh Gunungkidul. Salah satu contoh dari beberapa produk itu adalah kripik singkong, peyek kedelai, dan lain-lain.

wisata edukasi gua pindul

Study banding umkm

Dari hasil produk itu mengikuti berbagai event seperti bazar UMKM, Nasional. Dengan satu tujuan bisa terkenal ke seluruh indonesia bahkan sampai ke manca negara.

Paket Study Banding

1, Paket Study enjoy  A   Rp. 50.000 / orang  ( Nara sumber per rombomgan Rp.300.000)

    Fasilitas : Narasumber, snack, lokasi kunjungan, 

2. Paket Study enjoy  B   Rp. 80.000 / orang    ( Nara sumber per rombongan Rp.300.000)

    Fasilitas : Narasumber, snack, makan siang, lokasi kunjungan






0 Response to "Wisata Edukasi Di Gua Pindul"

Posting Komentar